Wednesday 10 June 2015

Deni INfo untuk Redirect Block Situs di Squid

Deny Info untuk redirect blok situs di Squid


Jika kita menggunakan squid untuk mengeblock sebuah situs, maka secara default jika ada client yang mengakses situs yang di block tadi akan keluar error bahwa situs yang dikunjungi tersebut telah di block oleh administrator proxy. Ada beberapa cara untuk mengubah pesan error yang ada di proxy, yaitu dengan langsung mengedit file error yang berada di /usr/share/squid/errors/English. Disitu ada banyak file error yang memiliki pesan berbeda-beda dengan tujuan yang berbeda pula. File ini merupakan file general, yaitu berlaku untuk semua acl, tidak bisa digunakan untuk beda acl.
Namun ada cara lain untuk bisa mengubah pesan error yang keluar di client yaitu dengan menredirect situs yang di buka ke situs yang kita inginkan, dengan cara ini pesan error tiap acl bisa berbeda-beda, contoh, untuk pesan error client satu dengan yang lain bisa berbeda. Berikut sintak untuk squid.conf :

acl    situs_terlarang    dstdomain      .youtube.com
acl    kata_terlarang    url_regex    -i   seks nude porn
http_access   deny  situs_terlarang
http_access   deny  kata_terlarang
deny_info    http://google.co.id    situs_terlarang
deny_info    http://yahoo.co.id    kata_terlarang

Pada contoh di atas maka jika roni mengakses ke youtube akan di deny oleh squid dan di redirect ke http://google.co.id. Yang kedua jika ada yang mengakses dengan kata kunci pada acl kata terlarang akan di deny dan di redirect ke yahoo.co.id.
Selain bisa di redirect ke situs internet, pada deny info bisa di redirect ke alamat local, contohnya alamat web server local yang telah di beri pesan error dan di desain sesuai dengan keinginan. Contoh untuk redirect ke local.

acl  situs_terlarang  dstdomain  .porn.com
acl  kata_terlarang  url_regex  -i  seks porn
http_access  deny  situs_terlarang
http_access  deny  kata_terlarang
deny_info  http://192.168.1.1/situs.html  situs_terlarang
deny_info  http://192.168.1.1/kata.html  kata_terlarang

Untuk contoh diatas IP 192.168.1.1 adalah alamat IP yang telah terinstall web server. Sama seperti penjelasan sebelumnya jika ada yang mengakses youtube maka akan di redirect ke http://192.168.1.1/situs.html. Demikian pula untuk acl yang berikutnya.
Demikian cerita pendek yang dapat saya berikan.